Sejatinya. sekolah adalah wadah yg bisa menciptakan SDM yang memiliki keseimbangan zikir, pikir dan amal.sehingga salah satu tanggung jawab besar di dunia pendidikan adalah menjadikan peserta didik sebagai insan yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Sebagai Implementasi ilmu yang didapat di sekolah dengan dunia nyata.
Sebagai mana Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling banyak manfaatnya" (HR Ahmad).

Untuk itulah SMA Islam Terpadu Alfityan School Gowa menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) sebagai salah satu bentuk pengamalan Ilmunya di Kec.Tombolopao Desa Mamampang. Selain itu kegiatan P2M sebagai salah satu bentuk usaha sekolah untuk menanamkan kemandirian dan kerja sama peserta didik serta sikap sosial, Supaya peserta didik mendapat pengalaman nyata dari masyarakat langsung.
SMAIT Alfityan Gowa secara berkelanjutan melaksanakan program P2M yang dilakukan oleh kelas XII. Tahun ini adalah angkatan IV ditempatkan pada 3 titik lokasi P2M yaitu  Sangkara'na, Mamampang dan Lappara'.

Kepala SMAIT Alfityan Johan Muhammad.SS.M.Pd.I. menyemangati siswa untuk melakukan yang terbaik pada kegiatan P2M. "Selamat menjadi bagian dari masyarakat. Memberikan khidmat terbaik dengan segenap potensi yang dimiliki, Experience is the best teacher" katanya.

Kegiatan ini diserah terimakan pada tanggal 14 Januari di  Tombolopao oleh kepala sekolah kepada Kepala Desa Mamampang, bapak Abd. Aziz dan beberapa aparat pemerintahan Kec.Tombolopao.
Beliau berpesan supaya peserta berbuat  sesuai target dari sekolah. P2M ini adalah proyek yang luhur. Sebagai social action, bentuk pengabdian kepada masyarakat. Berikan khidmat terbaik, dan selamat datang dan  terima kasih karena telah memilih Desa Mamampang sebagai tempat pengabdiannya. tegasnya.

Pelaksanaan P2M dimulai tanggal 14 - 27 Januari 2018. Selama dua pekan itu, 50 siswa kelas XII berkarya bersama warga sesuai bakat dan minat masing-masing.

Beberapa agenda yang akan dilakukan adalah bakti sosial, bimbingan belajar, peltihan TK/TPA perlombaan, silaturahim, pembentukan taman baca, dan lainnya.